Artikel

Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi di Era Pandemi COVID 19

Oleh: Nurul Latifah, S.Pd.

Pandemi Covid-19 yang mulai mengkhawatirkan di Indonesia sejak awal bulan Maret 2020 mengharuskan semua masyarakat memperketat physical distancing diantaranya dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Dengan adanya physical distancing tersebut maka berdampak pula pada kegiatan pembelajaran di sekolah. Seluruh sekolah di Indonesia mengharuskan untuk tidak melakukan kegiatan KBM secara langsung di kelas sehingga memaksa guru untuk mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring atau yang sering dikenal dengan istilah “PJJ” yaitu pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya pembelajaran jarak jauh tersebut mengharuskan guru untuk berpikir lebih kreatif bagaimana caranya melakukan kbm secara online. Di dalam dunia pendidikan teknologi sangat membantu dalam proses pelayanan administrasi, proses kegiatan pembelajaran, pembuatan nilai, pendaftaran peserta didik baru, daftar ulang dan masih banyak kegiatan lain yang memanfaatkan teknologi.

Salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan guru dalam pembelajaran online salah satunya adalah membuat kelas maya dengan google classroom. Google classroom adalah salah satu produk dari google. Google Classroom merupakan layanan online gratis untuk sekolah, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan siswa dan guru agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas. Pada pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Kutasari menggunakan media google classroom sebagai penghubung antara guru dan peserta didik sehingga suasana kegiatan belajar terkesan lebih menyenangkan. Para peserta didik antusias mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan google classroom karena banyak fitur yang memudahkan mereka untuk mengakses materi, mengumpulkan tugas mandiri, berdiskusi dan mengisi kehadiran dengan mudah, serta dapat melakukan google meet bersama dengan gurunya sehingga meskipun pembelajaran tidak secara tatap muka materi pembelajaran tersampaikan dengan baik.