Artikel

Ada Banyak Cara untuk Membaca

oleh Aji Dwi Pratikno

Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Bahkan pendidikan menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Karena pendidikan merupakan kunci utama untuk menjalani kehidupan. Namun sayangnya tingkat pendidikan  Indonesia saat ini masih rendah.  Menurut peringkat pendidikan dunia atau World Education Ranking yang diterbitkan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), seperti yang dilansir The Guardian, Indonesia menempati urutan ke 57 dari total 65 negara.

Rendahnya tingkat pendidikan ini pasti akan mempengaruhi tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Padahal jika tingkat pengetahuan tinggi, seseorang akan mudah untuk menjelajahi dunia yang begitu luas. Yang dimaksud dengan menjelajah dunia disini bukan hanya sekedar mengelilingi dunia.  Tetapi menjelajah dunia juga bisa diartikan sebagai mencari informasi atau pengetahuan tentang apa yang ada di dunia ini.

Sebenarnya untuk mendapat pengetahuan dapat dilakukan beberapa cara. Salah satunya yaitu dengan membaca. Namun tingkat minat baca masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Berdasarkan studi “Most Littered Nation in the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan diatas Bostwana.

Menjelajah dunia memang menjadi impian bagi setiap orang. Mungkin bisa saja menjadi impian terbesar di dalam kehidupannya. Ada seseorang yang beruntung untuk bisa menjelajah dunia dan ada juga yang tidak. Mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Tetapi bagi seseorang yang tidak bisa menjelajah dunia secara nyata jangan berkecil hati.  Seperti yang dijelaskan tadi, menjelajah dunia tidak hanya berkeliling dunia saja. Ada cara yang mudah untuk menjelajah dunia ini walaupun tidak secara nyata. Yaitu dengan cara membaca. Dengan membaca kita bisa mengenal dan mengetahui dunia yang begitu luas ini. Tetap bgaimana seseorang bisa menjelajahi dunia, jika tingkat minat membacanya masih rendah. Untuk itu marilah kita tingkatkan minat baca agar dapat menjelajahi dunia ini.

Membaca merupakan kegiatan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ada banyak pepatah bijak tentang membaca, salah satunya yaitu "Membaca membuka jendela dunia". Namun, sayangnya kegiatan membaca masih jarang dilakukan oleh masyarakat Indonesia walaupun mereka sudah mengetahui tentang pentingnya membaca. Hal ini dikarenakan menurut sebagian besar orangmembaca itu membosankan. Apalagi ketika kita sudah melihat kalimat yang padat dengan kumpulan kata-kata dan halaman buku yang begitu tebal. Pasti akan timbul rasa malas membaca. Namun, jika kita sudah mulai membaca satu persatu kalimat untuk meneruskan membaca kembali bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hal ini karena keingintahuan yang tinggi tentang apa yang akan dibahas selanjutnya di buku bacaan tersebut.

Faktor lain yang menyebabkan seseorang malas untuk membaca yaitu karena lebih menyukai kegiatan mendengar daripada membaca. Hal ini karena orang tua lebih sering menceritakan dongeng kepada anaknya sewaktu kecil. Sehingga, seorang anak lebih terbiasa mendengar daripada membaca. Selain itu, seseorang juga merasa lebih senang mendengar karena tidak perlu membaca bacaan yang begitu banyak. Hal lain yang bisa menjadi bukti bahwa membaca kurang diminati oleh kalangan pelajar yaitu ketika kegiatan pembelajaran. Contohnya yaitu ketika pelajaran bahasa Indonesia, guru memerintahkan kita untuk membaca. Namun, 50% anak akan asik bermain,bergurau, bahkan ada yang mengobrol dengan teman sebangkunya. Bagaimana proses pembelajaran bisa terjadi jika seorang pelajar saja malas untuk membaca.

Jadi sebenarnya membaca itu mengasyikkan. Orang yang berpendidikan tinggi tetapi jarang membaca dapat dikalahkan oleh orang yang tidak berpendidikan tetapi rajin membaca. Ketika seseorang membaca, ia akan merasakan dunia yang sesungguhnya. Dunia yang tadinya tidak diketahui sama sekali ketika ia belum membaca. Bahkan seseorang bisa mengetahui segala hal yang pernah terjadi sebelumterlahir di dunia ini.

Namun, minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Membaca belum bisa dijadikan sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat masih belum memahami tentang pentingnya membaca. Masyarakat hanya menganggap membaca hanya sebuah kegiatan yang dilakukan di waktu luang saja dan membaca sering dianggap sebagai pelarian diri ketika seseorang merasa bosan. Anggapan tersebutlah yang salah. Mereka belum mengetahui tentang keajaiban dari membaca. Walaupun membaca mungkin saja dianggap sebagai kegiatan yang sepele. Tetapi dengan membaca inilah segala sesuatu yang tadinya belum diketahui dapat diketahui.

Dengan kata lain, masyarakat Indonesia masih terbatas pengetahuannya. Sehingga negara kita ini tertinggal oleh negara-negara yang maju. Padahal negara kita (Indonesia) merdeka lebih dulu daripada negara-negara tersebut. Tetapi mengapa malah negara kita ini tertinggal oleh negara-negara yang merdeka sesudah kita? Hal ini tentu saja disebabkan kurangnya pengetahuan dan ide-ide kreatif kita untuk membangun negara yang maju. Sedangkan di negara-negara maju tersebut masyarakatnya sangat berpengetahuan tinggi dan sangat antusias untuk membangun negaranya. Mereka sangat memprioritaskan pengetahuannya daripada kesenangannya. Padahal kita juga bisa mencontoh  kehidupan negara-negara maju tersebut. Kehidupan mereka penuh dengan warna karena pengetahuan yang mereka dapatkan. Setiap hari, setiap jam, bahkan setiap menit mereka selalu membawa  buku untuk dibaca dimanapun dan kapanpun mereka berada. Mereka selalu haus akan ilmu  karena mereka menganggap bahwa dengan membaca mereka dapat menaklukkan dunia.  Kehidupan merekapun berkembang dan maju karena banyaknya pengetahuan yang mereka miliki. Kehidupan seperti inilah yang patut untuk dicontoh. Kehidupan di mana segala sesuatunya selalu ditemani oleh pengetahuan. Tanpa membaca seseorang juga akan mengalami kebuntuan.

Mungkin alasan beberapa orang enggan membaca dikarenakan mereka belum tahu benar tentang manfaat membaca yang akan membantu diri kita menuju kesuksesan secara mudah. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari membaca. Diantaranya yaitu :

1.    Meningkatkan pemahaman, contohnya: bagaimana mungkin seorang siswa dapat mengetahui materi pembelajaran jika mereka belum membaca. Dan ketika mereka membaca, materi yang tadinya tidak mereka mengerti menjadi jelas setelah mereka membaca.

2.    Meingkatkan konsentrasi, karena kita harus fokus terhadap objek yang kita baca dan harus memahaminya.

3.    Membuka gerbang kesuksesan, karena dengan membaca pengetahuan kita bertambah. Kita mengetahui banyak hal sehingga gerbang kesuksesan tersebut dapat kita buka dengan pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca. Dan banyaknya pengetahuan dan tingkat kepandaian merupakan faktor yang menentukan kesuksesan kita.

4.    Selain ketiga manfaat tersebut, ada juga manfaat lain yang bisa kita peroleh dari membaca, yaitu dengan membaca kita dapat menjelajahi dunia. Dengan membaca kita juga bisa menjelajahi dunia. Kita dapat mengetahui dan mengenal dunia salah satunya yaitu dengan cara membaca.

Mungkin kita akan bertanya-tanya apakah mungkin dengan membaca kita bisa menjelajahi dunia yang begitu luas ini. Menjelajah dunia bukan berarti hanya sekedar berkeliling dunia saja. Tetapi menjelajah dunia juga bisa diartikan sebagai mencari informasi atau pengetahuan tentang apa yang ada di dunia ini. Dengan membaca kita juga sudah membuka jendela dunia. Bukankah ini hal yang memudahkan kita. Kita tidak perlu berkeliling dunia untuk menjadi seorang petualang. Kita bisa menjelajah dunia tanpa harus membawa barang berat, dan tanpa menghabiskan banyak uang. Cukup dengan membaca dan ditemani dengan secangkir kopi hangat dan pemandangan yang elok kita sudah bisa menjelajah dunia dalam hitungan jam. Kita bisa melintasi negara dan kota-kota yang ingin kita kunjungi. Sungguh hebat bukan karena hanya dengan membaca kita sudah bisa menjelajahi dunia. Jadi jangan menganggap kegiatan membaca ini sebagai kegiatan yang memberatkan. Tetapi anggapalah membaca ini sebagai pendukung kita untuk menjalani masa depan yang kita inginkan.

Sebenarnya membaca bukan hanya sekedar membaca buku belaka. Di zaman yang sudah modern ini, kita sudah mengenal teknologi-teknologi yang canggih. Jadi sumber membaca tidak hanya bersumber dari buku saja, tetapi banyak hal lain yang dapat dijadikan sumber membaca. Salah satunya yaitu internet. Dengan internet kita bisa membaca informasi-informasi yang mungkin bisa saja tidak kita ketahui dari buku. Kita bisa mengetahui informasi di dunia ini dengan cepat tanpa harus kita berkeliling dunia tetapi kita hanya perlu menggunakan akses internet. 

Namun hal ini sangat berbanding terbalik dengan kehidupan nyata kita. Semakin berkembangnya teknologi canggih ini, justru kita semakin diperbudak oleh teknologi tersebut. Kita diberikan kemudahan untuk mengetahui perkembangan terkini dari penjuru dunia, tetapi kita malah menyia-nyiakannya. Semestinya perkembangan teknologi ini kita manfaatkan, bukannya kita yang dimanfaatkan oleh perkembangan teknologi tersebut. Pengetahuan yang seharusnya kita peroleh malah kita ganti dengan kebodohan-kebodohan yang sama sekali tidak bermanfaat untuk kehidupan kita ini. Penyalahgunaan ini juga bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan kita akan pentingnya teknologi yang canggih saat ini. Hal inilah yang selalu membuat kita ketergantungan terhadap teknologi tersebut dan membuat kita sungkan untuk menunjukkan ide-ide kreatif kita yang seharusnya dapat kita tunjukkan kepada dunia. 

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah buku. Iya, kita tidak perlu menggunakan teknologi canggih yang bisa saja menjerumuskan kita ke hal-hal yang tidak benar. Cukup dengan buku kita sudah bisa membaca. Buku memang gudangnya ilmu. Apalagi di era sekarang ini sudah banyak koleksi-koleksi buku baik yang fiksi seperti novel,kumpulan cerpen,dan komik, maupun non-fiksi seperti buku pengetahuan dan refrensi. Dan di setiap jenis buku pasti selalu ada pengetahuan yang bisa kita ambil. Karena dari membaca buku inilah kita dapat mengetahui bagaimana cara menjalani hidup serta mengatasi segala permasalahan. 

Karena isi dari buku bacaan adalah pengalaman-pengalaman hidup seseorang yang dituangkan dalam sebuah tulisan yang kemudian dijadikan sebagai sebuah bacaan yang menarik yang mengandung begitu banyak pengetahuan-pengetahuan yang mungkin saja belum kita ketahui. Dan dengan membaca wawasan kita semakin bertambah luas. Seiring bertambahnya wawasan, maka pola pikir kita juga akan meningkat. Dengan membaca kita bisa menggenggam dunia