SMAN 1 KUTASARI TINGKATKAN MINAT BACA, DENGAN DUTA PUSTAKA

PURBALINGGA â€“ Guna meningkatkan minat baca di kalangan para siswa, SMA 1 Kutasari mengadakan kontes Duta Pustaka. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan kelas masing-masing satu orang putra dan putri berjumlah 24 orang. Perwakilan tersebut merupakan siswa yang mempunyai prestasi di masing-masing kelas.

Salah satu guru yang mengampu perpustakaan, Bambang mengatakan kegiatan duta pustaka tersebut bertujuan untuk mempromosikan perpustakaan SMAN 1 Kutasari baik di wilayah kecamatan maupun di Purbalingga. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru ada di Purbalingga. Dari kegiatan ini diharapkan dapat terpilih satu duta pustaka putra dan satu duta pustaka putri.

“Duta pustaka nantinya menjadi pionir bagi rekan-rekannya, peserta didik SMA 1 Kutasari untuk rajin ke Perpustakaan baik untuk membaca buku maupun mencari tugas sekolah,” katanya, Kamis (27/4).

Kegiatan seleksi lanjut Bambang dilakukan dengan pemberian materi oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus). Hal tersebut bertujuan agar para siswa mengetahui pentingnya perpustakaan sebagai gudangnya ilmu pengetahuan. Setelah itu mendatangkan motivator pustakawaan kuda yakni Ridwan Sururi, dengan segala keterbatannya dapat mengembangkan minat baca para anak-anak di Desa Serang.

“ Dengan motivasi dari Ridwan Sururi, anak-anak duta pustaka diharapkan dapat mengembangkan minat bacanya untuk mengembangkan perpustakaan SMAN 1 Kutasari. Selain itu perpustakaan juga kami hiasi mural dengan tema wisata ilmu, ” katanya.

Duta Pustaka Putri, Rindina Dwi Astuti mengatakan terpilihnya sebagai duta pustaka menjadi dirinya termotivasi untuk terus membaca. Karena dengan banyak membaca dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasannya semakin luas. Rindina mengakui kegemaranya membaca merupakan bakatnya sejak kecil, sehingga dengan terpilihnya menjadi duta pustaka menjadi hal yang membanggakan.

“Selain menambah ilmu, dengan membaca kita dapat melihat dunia,” katanya

Sedangkan Duta Pustaka Putra, Bagus Setiawan mengatakan dengan terpilihnya sebagai duta pustaka dapat memberika motivasi kepada rekan-rekanya terutama yang kurang pintar untuk gemar membaca. Di sekolah telah tersedia fasilitasi perpustakaan yang baik, tinggal kita mau memanfaatkannya apa tidak, baik dalam bentuk buku maupun digital.

“Internet juga sudah terfasilitasi, dan koleksi buku baik buku pelajaran maupun non pelajaran sudah sangat memadai, tinggal kita bisa memanfaatkan perustakaan untuk menambah ilmu dan pengetahuan,” katanya.

Data dari perpustakaan SMAN 1 Kutasari jumlah koleksi buku mata pelajaran sebanyak 5.448 buah, buku referensi, fiksi dan non fiksi sebanyak 3.244 buah. Serta buku digital sebanyak 53 buah. Perpustakaan juga dilengkapi dengan ruang komputer, ruang diskusi serta ruang visualisasi. (Sap’S)

sumber :https://jatengprov.go.id/beritadaerah/sman-1-kutasari-tingkatkan-minat-baca-dengan-duta-pustaka/